-->

Makalah Menuju Sekolah Global dengan Marketing Proposional

Tujuan sekolah global adalah untuk mengembangkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang diperlukan untuk hidup secara efektif dalam dunia yang sumber daya alamnya semakin menipis dan ditandai oleh keragaman etnis, pluralisme budaya dan semakin saling ketergantungan.


KATA PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat serta karunia-Nya sehingga kami berhasil menyelesaikan makalah yang berjudul “MENUJU SEKOLAH GLOBAL DENGAN MARKETING PROPOSIONAL (identitas sekolah global, syarat kesuksesan marketing sekolah,parameter kesuksesan marketing sekolah)”. Dari makalah ini semoga dapat memberikan informasi kepada kita semua betapa pentingnya pemimpin dalam sebuah organisasi.
Ucapan terima kasih tidak lupa kami sampaikan kepada …………………… selaku dosen mata kuliah yang bersangkutan, dan semua pihak yang telah membantu sehingga kami dapat menyelesaikan tugas makalah ini. Kami menyadari atas kekurangan kemampuan kami dalam pembuatan makalah ini, sehingga akan menjadi suatu kehormatan besar bagi kami apabila mendapatkan kritikan dan saran yang membangun agar makalah ini selanjutnya akan lebih baik dan sempurna serta komprehensif.
Demikian akhir kata dari kami, semoga makalah ilmiah ini bermanfaat bagi semua pihak dan pembelajaran budaya khususnya dalam segi teoritis sehingga dapat membuka wawasan ilmu budaya serta akan menghasilkan yang lebih baik di masa yang akan datang.

BAB I

PENDAHULUAN

     A.    Latar belakang
Marketing atau pemasaran apakah hanya untuk perusahaan? Ataukah marketing tidak diperlukan untuk sekolah? Jamal Ma’mur Asmani (2015) menjawabnya sekolah membutuhkan marketing strategi jitu agar mampu menerapkan jiwa kompetisi dan sportivitas untuk melahirkan sekolah unggulan.Konsep inti marketing adalah menggali kebutuhan, keinginan, dan permintaan pelanggan sebagai dasar untuk menciptakan produk yang mempunyai nilai, biaya, kepuasan pelanggan, sehingga bisa dipertukarkan dengan sukses.
 
     B.     Rumusan masalah
1.      Apa pengertian identitas sekolah global?
2.      Apa syarat kesuksesan marketing sekolah?
3.      Apa parameter kesuksesan marketing sekolah?
     C.     Tujuan
1.      Untuk mengetahui pengertian identitas sekolah global.
2.      Untuk mengetahui syarat kesuksesan marketing sekolah.
3.      Untuk mengetahui parameter kesuksesan marketing sekolah.


BAB II

PEMBAHASAN

     A.    Pengertin identitas sekolah global
Dilihat dari segi bahasa bahwa identitas itu berasal dari bahasa inggris yaitu “identity” yang dapat diartikan sebagai ciri-ciri, tanda-tanda atau jati diri. Ada ciri-ciri fisik dan ada ciri-ciri nonfisik. Identity sering diindonesiakan menjadi identitas atau jati diri. Jadi, identy atau identitas atau jati diri, dapat memiliki dua arti
pertama, identitas atau jati diri yang menunjuk pada ciri-ciri yang melekat pada diri seseorang atau sebuah benda, dan yang
kedua, identitas atau jati diri dapat berupa surat keterangan yang dapat menjelaskan pribadi seseorang dan riwayat hidup seseorang. Di samping itu, identitas atau jati diri dapat juga digunakan untuk menggambarkan pengertian diri sendiri yang menyangkut siapa dia (baik laki-laki maupun perempuan).
Sekolah adalah  sebuah konsep yang mempunyai makna ganda. Pertama, sekolah berarti suatu bangunan atau lingkungan fisik dengan segala perlengkapannya yang merupakan tempat untuk menyelenggarakan proses pendidikan tertentu bagi kelompok manusia tertentu. Bayangan sekolah sebagai lingkungan fisik seperti itu diperkuat dengan keseragaman relative mengenai bentuk bangunan dan perlengkapannya, sehingga dapat dikatakan bahwa kondisi fisik sekolah-sekolah yang sejenis dan setingkat relativesekolah berarti suatu proses atau kegiatan belajar mengajar.
sekolah Global adalah upaya untuk menanamkan suatu pandangan (prespective) tentang dunia kepada siswa dengan memfokuskan bahwa terdapat saling keterkaitan antar budaya, umat manusia dan kondisi planet bumi. Tujuan pendidikan setiap mata pelajaran untuk kondisi saat ini menekankan pada kemampuan siswa dalam berfikir kritis, namun ada hal yang unik dalam sekolah global, yakni fokus substansinya yang berasal dari hal-hal yang mendunia yang semakin bercirikan pluralisme. 
Tujuan sekolah global adalah untuk mengembangkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang diperlukan untuk hidup secara efektif dalam dunia yang sumber daya alamnya semakin menipis dan ditandai oleh keragaman etnis, pluralisme budaya dan semakin saling ketergantungan.[1]
Sedangkan identitas sekolah global menurut kami adalah jati diri sekolah yang banyak dikenal oleh banyak
     B.     Syarat kesuksesan marketing sekolah
Dalam dunia sekolah tentunya sangat dibutuhkan sebuah strategi dalam proses produksi sampai proses pemasaran, agar usaha yang dijalani dapat berkembang seperti yang di inginkan. Selain itu teknik pemasaran bisa dikatakan sebagai kunci keberhasilan dari penjualan produk. Teknik pemasaran yang baik didukung oleh strategi pemasaran yang efektif. Dengan strategi tersebut, proses marketing dapat dipertahankan, bahkan cara baru dalam memasarkan produk juga bisa kita temukan dan membuat pelanggan semakin loyal. Berikut beberapa syarat untuk memasarkan sekolah dengan lebih mudah dan efektif:
1.      Buat Strategi dan Target Konsumen
Buatlah kegiatan promosi yang dapat menarik minat pelanggan. Misalnya dengan memberikan hadiah kepada peserta yang mau masuk kelembaganya.
Tentukan juga target dan segmentasi pasar antara produk dan konsumen, seperti produk A cocok untuk konsumen tingkat apa dan buat strategi serta target yang harus Anda raih dalam melakukan kegiatan pemasaran tersebut.

2.      Menguasai Product Knowledge
Satu-satunya cara agar meyakinkan masyarakat adalah dengan memberikan informasi lengkap mengenai sekolah tersebut. Dengan mengetahui segala informasi tentang sekolah yang ditawarkan, maka secara tidak langsung dapat membantu Anda untuk meyakinkan para calon peserta dan orang tua.

Berikan informasi dengan jelas tentang kelebihan sekolah, kegunaannya, kualitas nya,  kepada masyarakat. Tujuannya agar mereka semakin yakin untuk memilih lembaga yang Anda tawarkan.
      
3.      Memahami Perilaku Konsumen
Sebelum menawarkan sekolah anda ke masyarakat, terlebih dahulu tentukan target  yang akan Anda jalani. Bisa jadi masyarakat umum yang berasal dari kalangan menengah atas atau kalangan menengah ke bawah.

Pastikan bahwa Anda memasarkan lembaga kepada target pasar yang tepat. Karena itu seorang marketing yang cerdas harus kenali dulu perilaku konsumen yang Anda bidik untuk mengetahui minat dan kebutuhan mereka.

4.      Memperluas Jaringan dan Pertemanan
Memiliki jaringan yang cukup luas tentunya akan memudahkan Anda dalam menjalankan pemasaran sekolah. Banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dari jaringan yang Anda miliki. Mulai dari peluang kerja sama, memudahkan Anda dalam pemasaran sekolah.

Tidak menutup kemungkinan bahwa beberapa kendala dalam menjalankan usaha dapat terselesaikan melalui bantuan jaringan yang Anda bangun dengan baik. Semakin luas jaringan yang Anda miliki, maka bertambah besar pula peluang yang tercipta untuk mendapatkan calon konsumen baru. Jadi, jangan pernah ragu untuk membuka jaringan baru dan perluas pengetahuan Anda untuk mendapatkan pelanggan baru.

5.      Memperhatikan Respon Konsumen
Terkadang setiap pelanggan memberikan respon berbeda-beda terhadap sekolah yang kita tawarkan. Bila pelanggan puas dengan produk atau jasa Anda, cantumkan respon tersebut sebagai bukti nyata untuk memperkuat keunggulan produk sekolah yang ditawarkan. Namun jika respon konsumen kurang memuaskan, jadikan sebagai bahan evaluasi bagi Anda untuk mencapai hasil yang lebih baik ke depannya.
6.      Selalu Bersikap Optimis dan Pantang Menyerah
Kegiatan marketing memiliki tantangan dan hambatan yang cukup besar, sehingga tidak semua orang bisa bertahan dengan profesi tersebut. Di kejar-kejar dengan target sekolah atau mengalami penolakan dari calon konsumen merupakan salah satu tantangan kecil yang harus diterima para marketing.
Seorang marketing sejati memang harus selalu optimis dalam melayani konsumen dan pantang menyerah dalam setiap keadaan. Antusiasme dan semangat Anda kepada calon pelanggan menjadi magnet yang kuat, sehingga siswa yakin memilih sekolah yang Anda pasarkan.
Optimis dan pantang menyerah merupakan kunci utama kesuksesan Anda sebagai seorang marketing.
7.      Memiliki Gadget yang Dapat Menghemat Waktu
Setiap pekerjaan pasti membutuhkan komunikasi baik dari pihak sesama sekolah ataupun dari sekolah kepada masyarakat. Begitu juga dengan pemasaran sekolah yang membutuhkan komunikasi yang baik antara para sekolah dengan masyarakat.

Komunikasi pemasaran sangat dibutuhkan bagi sekolah untuk meningkatkan kualitas sekolah. Jika Anda sebagai pelaku sekolah bisa membangun komunikasi yang baik, Anda pun bisa dengan mudah membujuk mereka untuk masuk ke sekolah yang ditawarkan.
  
8.      word of mouth (WOM)
promosi yang paling kuno dan ternyata paling epektif adalah promosi dari mulut ke mulut, atau dalam bahasa marketing dikenal dengan istilah word of mouth (WOM). Promosi semacam ini lahir dari kepuasan konsumen. Kalau orang tua siswa merasa puas dengan program sekolah, kualitas guru, fasilitas dan prestasi-prestasi yang diperoleh sekolah maka dengan sendirinya para orang tua siswa tersebut dengan suka rela membicarakannya ke saudara, tetangga atau kenalan barunya. Ini menyangkut reputasi dan pelayanan sekolah tentunya. Makanya sekolah dengan kualitas diatas rata-rata akan mempunyai relawan-relawan promosi yang banyak karena setiap orang tua siswa akan menceritakan mempromosikan sekolah tempat anaknya bersekolah terus menerus tidak hanya ketika waktu PSB.
Selain melalui orangtua siswa biasanya promosi dari mulut ke mulut dilakukan pula oleh alumni.Biasanya semakin banyak alumni, maka semakin banyak pula “suara” promosi. Karena setiap alumni akan bercerita tentang sekolahnya. Untuk itu manfaatkan alumni yang ada di sekolah untuk menjadi duta promosi ke sekolah-sekolah tempatnya dulu bersekolah, biasanya dengan melakukan kunjungan promo bersama si alumni tadi.
 
     C.     Parameter kesuksesan marketing sekolah
Dalam sebuah buku, karya Robert Allen dan Max Victor Hansen, disebutkan bahwa salah satu kunci sukses adalah memiliki mimpi.Dream(s) adalah mimpi, tujuan, cita-cita, harapan yang ingin kita capai.
BAGAIMANA SEORANG MARKETING BISA DIKATAKAN SUKSES ???Sukses menurut William A. Ward adalah: Seseorang yang sukses adalah orang yang memutuskan untuk sukses dan kemudian mengerjakannya.Sukses yang sesungguhnya adalah sukses yang sukses. Artinya, kita dapat menikmati itu semua, Free Money and Free Time atau Bebas Uang dan Bebas Waktu.
Sebenarnya apa yang menjadi parameter sukses tidaknya seorang marketing? Jawabannya sederhana, jika seorang marketing bisa mencapai target dan menghasilkan income yang sangat besar, maka dia tergolong ke dalam kategori marketing yang berhasil. Apa sesederhana itu? Tentu saja, hanya yang menjadi masalah adalah proses untuk mencapai Target dan menghasilkan Income itu tidak mudah dan justru sangat sulit. Sebaliknya sekali kita berhasil melakukannya itu bisa menjadi hal yang sangat menyenangkan. Perlu diingat, kunci nya ada pada PROSES-nya. Anda harus kuat untuk bertahan dan berpikir lebih banyak saat menghadapi proses ini, karena proses inilah yang menjadi penentu sampai atau tidaknya Anda kepada tujuan akhir Anda sebagai seorang Marketing yang sukses.Ada 4 hal yang yang menjadi perbedaan dasar antara marketing yang sukses dan gagal dalam melalui prosesini:
1.      Belajar
Belajar menjadi fundamental yang harus dipenuhi oleh seorang marketing, bahkan dalam bidang apapun yang ada di dunia ini membutuhkan belajar untuk bisa mencapai kesuksesan. Jika sebagai marketing, anda tidak mau melewati proses yang satu ini, dapat dipastikan 99% Anda akan gagal.
2.      Waktu
Kenapa waktu? Fakta yang ada : seorang marketing yang berhasil mau belajar dan bekerja lebih lama setiap harinya dibanding marketing yang gagal dan mudah mengeluh. Waktu adalah komitmen yang harus anda penuhi jika anda ingin berhasil dan ini tidak bisa tidak. Begitu anda memilih marketing untuk mencapai kesuksesan karir Anda, maka anda harus siap mengorbankan sebagian waktu dalam hidup anda untuk menjalani karir Anda itu. Komitmen lainnya terhadap waktu adalah anda harus siap mencoba dan mencoba terus sampai kapanpun, menggunakan waktuyang ada dengan baik.

3.      Mental
Hal lain yang sangat menentukan berhasil tidaknya anda dalam dunia marketing adalah seberapa kuat MENTAL anda menghadapi tantangan dan pesaing Anda. Sebagian besar marketing pemula kehilangan murid mereka kemudian mengeluh dan mencari kesalahan kepala sekolah mereka. Selanjutnya mereka berhenti berusaha dan mengatakan kepada teman-teman mereka bahwa marketing adalah bisnis yang sulit dan tidak ada yang berhasil. Anda harus membangun mental Anda menjadi sebuah baja yang tahan banting yang siap menghadapi tantangan apapun dalam dunia marketing apapun itu, Anda harus siap menghadapinya, termasuk kegagalan dan kehilangan uang anda. Kenapa? Karena itulah bagian dari PROSES yang harus anda lewati untuk mencapai tujuan anda. Tidak ada pebisnis yang sukses dengan mental pecundang dan suka mengeluh, OK, sekarang siapkah anda melatih diri anda agar memiliki mental pemberani dan tidak pernah menyalahkan siapapun atas kegagalan anda? karena satu-satunya orang yang bertanggung jawab atas kegagalan dan kesuksesan anda adalah diri anda sendiri.
4.      Kerja Keras
Sukses dapat diraih juga melalui kerja keras. Hal yang harus Anda lakukan adalah memperbanyak usaha atau kerja keras, sekalipun itu memerlukan banyak pengorbanan. Namun, jika anda selalu berusaha, tidak ada kata berhenti dan tidak kenal menyerah, cepat ataulambat Anda pasti akan berhasi. Usaha atau kerja kerasAnda tidak akan pernah menjadi sia-sia, tapi akan membuahkan hasil yang maksimal.


BAB III

PENUTUP

A.    Kesimpulan

identitas sekolah global menurut kami adalah jati diri sekolah yang banyak dikenal oleh banyak

syarat untuk memasarkan sekolah dengan lebih mudah dan efektif:
1.      Buat Strategi dan Target Konsumen
2.      Menguasai Product Knowledge  
3.      Memahami Perilaku Konsumen
4.      Memperluas Jaringan dan Pertemanan
5.      Memperhatikan Respon Konsumen
6.      Selalu Bersikap Optimis dan Pantang Menyerah
7.      Memiliki Gadget yang Dapat Menghemat Waktu
Sebenarnya apa yang menjadi parameter sukses tidaknya seorang marketing? Jawabannya sederhana, jika seorang marketing bisa mencapai target dan menghasilkan income yang sangat besar, maka dia tergolong ke dalam kategori marketing yang berhasil. Apa sesederhana itu? Tentu saja, hanya yang menjadi masalah adalah proses untuk mencapai Target dan menghasilkan Income itu tidak mudah dan justru sangat sulit. Sebaliknya sekali kita berhasil melakukannya itu bisa menjadi hal yang sangat menyenangkan. Perlu diingat, kunci nya ada pada PROSES-nya. Anda harus kuat untuk bertahan dan berpikir lebih banyak saat menghadapi proses ini, karena proses inilah yang menjadi penentu sampai atau tidaknya Anda kepada tujuan akhir Anda sebagai seorang.

DAFTAR PUSTAKA

·         Alma, Buchari,Pemasaran Stratejik jasa pendidikan,Bandung: Alfabeta, 2003


[1] Alma, Buchari,Pemasaran Stratejik jasa pendidikan,Bandung: Alfabeta, 2003 Hlm 54

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel