-->

Makalah Cara Menulis Tanda Baca dalam Bahasa Arab (Makalah Lengkap)

Tanda baca berfungsi untuk menjelaskan untuk membedakan satu susunan dengan susunan lainnya, membedakan intonasi suara pada saat membaca, memperjelas arti suatu kalimat, atau berfungsi menekankan pada kata-kata tertentu.Tanda baca meliputi : tanda koma الصلة)), tanda titik koma)  ا ﻟﻔﺼﻠﺔ اﻟﻤﻨﻘﻮﻃﺔ ), tanda titik ( اﻟﻨﻘﻄﺔ ), tanda titik dua ( اﻟﻘﻄﺘﺎن ), tanda tanya (  , (علامة الاستفهامtanda seru      ,(علامة التعجب) tanda kurung ( ا ﻟﻘوس ), tanda petik dua diatas (علامة التنصيص)
.



KATA PENGANTAR

بسم الله الرحمن الرحيم

Alhamdulillah, segala puji bagi Allah SWT. Tuhan semesta alam. Shalawat serta salam semoga dilimpahkan kepada Rasulullah SAW. Penulis bersyukur kepada Ilahi Rabbi yang telah memberikan hidayah serta taufik-Nya kepada penulis, sehingga makalah yang telah kami tulis dapat diselesaikan.
Penulis juga mengucapkan banyak terima kasih kepada dosen yang bersangkutan yang telah memberikan kesempatan waktu untuk penyelesaian makalah ini dan dengan limpahan rahmat karunia Allah, sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah mata kuliah “Qawaidul Imla” yang bertema “Makalah Cara Menulis Tanda Baca dalam Bahasa Arab 
Dengan ditulisnya makalah ini, diharapkan para pembaca dapat mengetahui terhadap pengertian epistemologi  serta dapat menjadi pengembangan wawasan dan mengerti akan beberapa problematika yang ada dalam makalah ini. Materi penulisan yang kami susun ini di angkat dari referensi-referensi yang relevan.
Kami menyadari bahwa dalam makalah ini masih terdapat kekurangan atau kekeliruan dan kekhilafan.Oleh karena itu, kepada para pembaca dan para pakar, penulis mengharapkan saran dan kritik konstruktif demi kesempurnaan makalah ini.
Semoga makalah yang kami susun bermanfaat bagi para pembaca dan menambah ilmu pengetahuan tentang pendidikan.



BAB I
PENDAHULUAN

      A.    Latar Belakang        
Masalah pada saat menulis atau membaca, tanda baca menempati posisi penting yang harus diperhatikan.Tanda baca terletak pada bagian tulisan, bisa di awal, di tengah dan di akhir.Tanda baca jugamembantu siswa untuk menulis dan membaca sebuah teks bacaan yangbenar. Seorang siswa yang memahami dimana dia akan meletakkan tanda baca, dan tanda baca apa yang seharusnya diletakkan, akan memiliki kemampuan yang lebih baik dalam membaca secara benar disebanding temannya yang kurang memahami tanda baca      

      B.     Rumusan Masalah
1.      Bagaimana cara menulis tanda baca dalam bahasa arab?
2.      Mengapa tanda baca itu penting?
3.      Apa saja tanda baca dalam bahasa arab?

      C.    Tujuan Masalah
1.      Untuk memahami dan mengerti tanda baca.
2.      Untuk menjelaskan susunan teks tanda baca.
3.      Untuk mengetahui jenis-jenis tanda baca.

BAB II
PEMBAHASAN

A.    Jenis-Jenis Tanda Baca
Ketika menulis sebuah kalimat, paragraph, atau teks-teks bacaan, penulis harus memperhatikan tanda baca dan membiasakan diri menggunakannya dengan benar, begitu pula saat membacanya[1]. Tanda baca meliputi :
1.      Dalam tanda koma (,) الفاصلةpembaca harus berhenti sebentar untuk membedakan atau memisahkan satu kalimatdengan kalimat lainnya atau satu kata dengan kata lainnya.
Tanda baca koma digunakan:· Sebagai pemisah antar kata atau antar kalimat yang saling berhubungan.المزارع رجل صبور علئ العمل, كثير الحركة  Sebagai memisahkan bagian-bagian. فصول أربع: الصوف, والشتاء, والربيع, والخريف   menunjukkan jawaban. ﻫﻞ ﺗﺴﺎ ﻓﺮ ﻏﺪا؟ ، ﺑﻞ أ ﺳﺎ ﻓﺮ ﻏﺪا .
2.      Tanda baca koma dengan titik (;) ا ﻟﻔﺼلة ا ﻟﻤﻨﻘﻮﻃﺔ dalam tanda baca ini pembaca berhenti agak lama dari tanda baca koma. Tanda baca ini dimasukkan untuk menunjukkan adanya hubungan sebab-akibat antara dua susunan kalimat atau lebih. Misalnya : معلّمنا مسرور منّا كثير, للانّنا نقوم بواجبا تنا
3.      Tanda baca titik (.) ا ﻟﻨﻘﻄﺔ , diletakkan diakhir susunan kalimat yang telah sempurna, tidak menunjukkan keheranan atau takjub dan tidak menunujuk pertanyaan. Misalnya : آ ﻧﺎ ﻃﻠﺐ ﺟﺪ ﻳﺪا .
4.      Tanda baca dua titik dalam bentuk vertikal (:) ا ﻟﻨﻘﻄﺘﺎن , tanda baca dua titik diletakka setelah kalimat-kalimat yang bermakna bertanya, meriwayatkan, menjawab dan berkata. قال الاب لأولاده : اهتمّوا بدروسكم
Diantara kalimat yang menunjuk pembagian atau umum dan khusus .اسم, وفعل, وحرف اﻟﻜﻠﻤﺔ ثلا ثة: · Sebelum kalimat yang menunjukkan definisi atau penjelas. ا ﻟﻮﺿﻮء ﺷﺮﻋﺎ : ﻏﺴﻞُ أﻋﻀﺎء ﻣﺨﺼﻮﺻﺔ ﺑﻴﻨﺔ ﻣﺨﺼﻮﺻﺔ · Sebelum contoh yang berfungsi menjelaskan kaidah kalimat sebelumnya.
الاسم : يقبل التنوين أو دخول الألف واللام                                            
5.       Tanda Tanya (?) علا مة الاستفهام tanda baca ini diletakkan diakhir kalimat yang digunakan untuk bertanya. Misalnya: ﻣﺎذا ﻓﻲاﻟﺤﻘﻴﺒﺔ ؟.
6.      Tanda seru (!)علامةالتعجب  , tanda seru dipergunakan[2]: Dalam kalimat menunjukkan keheranan atau takjub. ماأجمل السماء ! · Dalam kalimat yang berisikan tentang do’a atau ungkapan mencela.!  ﺑﺎركﷲ ﻓﻴﻚ ! – و ﻳﻞٌ ﻟلكافرين ·
Terkadang tanda seru berkumpul menjadi satu dengan tanda Tanya dan ditulis (?!).؟!  ﻛﻴﻒ ﺗﺸﻜﻮﻧﻲ واﻟﻈّﺎﻟﻢ ﻏﻴﺮي .
7.      Tanda kurung ( ) ا ﻟﻘﻮس , tanda ini terkadang diganti dengan tanda garis untuk mengapit suatu kalimat (- -). Tanda kurung dipergunakan:· Ditengah kalimat untuk menandai sebuah kalimat yang bukanpokok. Andaikan kalimat yang berada dalam kurung dibuang tidak mempengaruhi keseluruhan kalimat.
        ( توفي رمزة رضي الله عنه فى الغزوة – توفي حمزة رضي الله عنه فى الغزوة )
8.      Tanda petik dua diatas(" ")   علامة التنصيص.tanda ini dipergunakan untuk menandai kalimat yang dinukil tidak secara utuh .Biasanya berupa ayat, hadist, perkataan, dan sejenisnya. Misalnya: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم ("لعن الله الشحيح")


BAB III
PENUTUP
A.    Kesimpulan
Tanda baca berfungsi untuk menjelaskan untuk membedakan satu susunan dengan susunan lainnya, membedakan intonasi suara pada saat membaca, memperjelas arti suatu kalimat, atau berfungsi menekankan pada kata-kata tertentu.Tanda baca meliputi : tanda koma الصلة)), tanda titik koma)  ا ﻟﻔﺼﻠﺔ اﻟﻤﻨﻘﻮﻃﺔ ), tanda titik ( اﻟﻨﻘﻄﺔ ), tanda titik dua ( اﻟﻘﻄﺘﺎن ), tanda tanya (  , (علامة الاستفهامtanda seru      ,(علامة التعجب) tanda kurung ( ا ﻟﻘوس ), tanda petik dua diatas (علامة التنصيص) 

B.     Saran
Tanda baca ini mungkin satu-satunya bagian dari kaidah-kaidah imla’ yang berlaku secara global. Artinya, topik ini yang berlaku bagi semua bahasa di dunia. Demikianlah, penulisan ini tidak perlu lagi mengupas satu persatu karena tanda-tanda baca tersebut telah dikenal luas.

DAFTAR PUSTAKA

Munjiah, Ma’rifah. Kaidah-Kaidah Imla’ dan Praktek. Malang UIN Maliki Press. 2012
Thabrani. Abdul Mukti. Kaidah-kaidah Dasar Penulisan Bahasa Arab. Lumajang: Cendekia Publishing. 2014


[1] Ma’rifatul Munjiah, Kaidah-Kaidah Imla’ Teori dan Praktek, (Malang: UIN Maliki Press, 2012),hlm. 149.
[2] Abdul Mukti Thabrani, Kaidah-kaidah Dasar Penulisan Bahasa Arab, (Lumajang: Cendekia Publishing, 2014), hlm. 51

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel