-->

Makalah Iman kepada Hari Kiamat

BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang.
Setelah kita mempelajari tentang apa itu iman kepada hari kiamat atau hari akhir, kita mengerti tentang apa itu beriman khususnya beriman kepada hari kiamat atau hari akhir. Pada dasarnya beriman kepada hari kiamat adalah percaya dan meyakini dengan sepenuh hati bahwa hari kiamat pasti akan terjadi atas kehendak yang maha kuasa ALLAH SWT. Dan tidak ada yang tau kapan hari kiamat itu akan terjadi, setiap orang muslim wajib dan meyakini bahwa hari kiamat itu pasti datang, namun hanya waktunya yang tidak kita ketahui. Maka dari itu kita harus senantiasa meningkatkan iman sebagi bekal kita kelak.
B. Rumusan Masalah.
1.              Apa pengertian iman kepada hari kiamat ?
2.             Peristiwa apa yang kan terjadi setelah hari kiamat ?
C. Tujuan Masalah.
1.             Percaya dan meyakini  dengan sepenuh hati dan sebenar-benarnya bahwa hari kiamat akan tiba.
2.             Orang yang mati sejak Nabi Adam a.s. hingga yang terakhir akan dibangkitkan kembali dari kuburnya untuk menerima keadilan ataupun perhitungan dari Allah dengan di tegakkan hukum-hukum-Nya.
 BAB II
PEMBAHASAN

A. Iman kepada hari kiamat
Pada hari kiamat atau hari akhir, seluruh jagad raya ini akan tergoncang hebat yang akan mengakibatkan perubahan total dan terjadinya peristiwa yang sangat dahsyat dan mengerikan. Allah memusnahkan kehidupan alam ini.
Selanjutnya, orang yang mati sejak Nabi Adam a.s. hingga yang terakhir akan dibangkitkan kembali dari kuburnya untuk menerima keadilan ataupun perhitungan dari Allah dengan di tegakkan hukum-hukum-Nya. Segala amal perbuatan manusia dalam hidupnya akan diperhitungkan. Jika selama di dunia berkelakuan atau beramal baik maka balasannya pun baik, yakni surga. Namun sebaliknya jika amalnya jelek, balasannya pun buruk, yakni neraka.
Beriman kepada hari kiamat, maksudnya setiap orang muslim wajib percaya (iman) dengan sebenar-benarnya bahwa hari kiamat akan tiba, hanya saja kapan saat itu akan terjadi tidak ada seorangpun yang mengetahuinya, bahkan Rasulullah SAW. Dan malaikat jibril sekalipun tidak mengetahuinya. Yang dapat kita ketahui ialah hanya tanda-tandanya saja. Tanda-tanda hari kiamat itu sendiri dibagi menjadi dua (2), yakni 1. Tanda kecil (sugra) dan 2. Tanda besar (kubra).
Sehubungan dengan akan dibangkitkannya manusia dari kubur pada hari kiamat, Allah berfirman, yang Artinya :
“yang demikian itu, karena sesungguhnya Allah, dialah yang berhak dan sesungguhnya dia-lah yang menghidupkan segala yang mati dan sesungguhnya Allah maha kuasa atas segala sesuatu. Dan sesungguhnya hari kiamat itu pastilah datang tak ada keraguan padanya, dan bahwasanya Allah membangkitkan semua orang didalam kubur.”

B. Tanda-tanda kiamat kecil (Sugra)

1.      Ilmu agama diangkat. Maksudnya, ilmu agama tidak diperhatikan lagi, sebab dianggap tidak penting. Bahkan, kian lama akan hilang dikarenakan semua orang melecehkannya.
2.      Kebodohan mewabah dimana-mana dengan nyata, sebab orang-orang yang beribadah tidak lagi mempergunakan ilmunya. Hal itu dikarenakan tidak memahami ilmunya.
3.      Perzinaan merajalela, dikarenakan segala sesuatu yang berhubungan dengan perzinaan dilegalisasi oleh penguasa.
4.      Semua jenis minuman keras di jual bebas dan para konsumennya tidak lagi merasa berdosa atau takut dosa, malahan menjadi suatu kebanggaan dan kebiasaan. Minumnya pun secara terang-terangan di depan umum tanpa malu dan segan lagi.
5.      Jumlah laki-laki lebih sedikit dibandingkan dengan wanita. Hal itu karena sedikit hanya sedikit lahir bayi laki-laki, sedangkan kaum tuanya banyak mati di medan peperangan.
6.      Jumlah kaum wanita kian banyak, hingga perbandingannya mencapai 1 banding 50.
7.      Wanita amat (budak belian) melahirkan anak tuannya sendiri, sebab ia dikawini majikannya.
8.      Terdapat dua golongan besar yang saling membunuh, antara mereka terjadi peperangan hebat, namun mereka mengimbau dengan maksud yang sama; demi keluhuran agama.
9.      Dibangkitkannya para Dajjal dan pendusta yang jumlahnya hampir tiga puluh.
10.  banyak terjadi gempa bumi yang kehebatannya melebihi kebiasaan.fitnah berhamburan kemana-mana dengan segala macam dan bentuknya.
11.  Pembunuhan merajalela.
12.  Manusia bergelimang harta dan bermegah-megahan dengan bangunan yang tinggi-tinggi (pencakar langit).

C. Tanda-tanda kiamat besar (Kubra)

1.      Matahari terbit dari ufuk barat. Apabila matahari terbit dari ufuk barat, seluruh manusia akan beriman dan berbuat baik sebagaimana orang-orang sebelum mereka, namun amal baik mereka sudah tidak ada gunanya lagi.
2.      Munculnya binatang yang bisa berbicara selayaknya manusia.
3.      Keluarga imam Mahdi. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW. Yang artinya; sesungguhnya imam Mahdi akan keluar pada akhir zaman, yang namanya “Muhammad bin Abdullah” atau “Ahmad bin Abdillah”.
4.      Munculnya Al-Masih Dajjal (pengembala yang banyak dustanya). Rasulullah SAW bersabda, yang artinya; “tiada seorang nabi pun yang di utus Allah, kecuali nabi itu menakut-nakuti umat perihal Dajjal. Dajjal akan muncul ditengah-tengah kalian secara nyata. Dan nyata pula bagimu bahwa tuhanmu benar-benar tidak bermata sebelah, sesungguhnya Dajjal itu bermata satu karena mata kanannya tidak berfungsi baik, jadi hanya bisa melihat dengan mata kirinya.”
5.      Turunnya Nabi Isa a.s. Nabi Isa akan memimpin kaum mukmin membunuh Dajjal, selain itu Nabi Isa akan menghancurkan kayu salib dan membunuh babi.
6.      Keluarnya bangsa ya’uj dan ma’juj. Bangsa yang gemar membuat kerusakan dan membuta keributan.
7.      Munculnya asap yang memenuhi jagad raya, dan asap itu singgah di bumi selama empat puluh hari.
8.      Rusaknya ka’bah, dimana yang merusak adalah seorang laki-laki dari Habsyi (Etiopia).
9.      Raibnya Al-Quran dan mushaf. Tak tertinggal satu huruf Al-Quran pun, yang tersisa hanyalah kertas putih bersih.
10.  Seluruh manusia bumi menjadi kafir, dan ini adalah akhir tanda-tanda kiamat kubra, sehingga tak seorangpun yang mengucapkan kalimat Allah, jika masih ada yang mengucapkan kalimat Allah, kiamatpun akan di tunda selama empat puluh tahun. Dan jika tidak ada lagi kalimat Allah, malaikat israfil segera meniup sangkakala pertanda datangnya hari yang sangat mengerikan, hari dimana tak seorangpun merasa tentram, yaitu hari kiamat.

BAB III
PENUTUP

A. Kesimpulan
            Dari pembahasan diatas kami dapat menyimpulkan bahwa :
    1.      Begitu besar kekuasaan Allah SWT yang telah menciptakan alam semesta beserta isinya dan merencanakan kehidupan ini.
       2.      Dengan beriman kepada hari kiamat kita akan mendapat kebaikan dan senantiasa memperkuat iman untuk bekal kelak.

B. Saran
            Kita harus senantiasa ingat (beriman) kepada Allah karna kita semua tidak akan tau kapan akan terjadinya kiamat itu, entah itu kiamat kecil (kematian) ataupun kiamat besar (kubra).


DAFTAR PUSTAKA
Logku—inspirasiku.blogspot.com/2012/12/v-behaviorurldefaulttvmlo. Html
Latief Mahmud.Buku ajar ilmu kalam. Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Pamekasan. 2006

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel